Past Perfect Tense


Past Perfect Tense

Penggunaan :
Untuk menyatakan sesuatu pekerjaaan yang benar-benar sudah terlaksana ketika terjadi kejadian berikutnya di masa lampau.

Contoh :
– Saya sudah makan ketika Wulan menelpon saya. ( Pada waktu Wulan menelpon saya, saya sudah makan)

Rumus :
SUBYEK + VERB III + OBJECT + PAST TENSE

I / You / We / They / He / She + had

– I had sent the letter + PAST TENSE

Contoh :
– Saya sudah makan ketika Tetra menelpon saya.

Rumus :
SUBYEK + VERB III + OBJECT + PAST TENSE

I / You / We / They / He + She + had

– I had sent the letter when she instructed me. (Saya sudah mengirim surat itu ketika dia memerintahkan saya)
– You had sent the letter when she instructed me. (Kamu sudah mengirim surat itu ketika dia memerintahkan saya)
– We had sent the letter when she instructed me. (Kami sudah mengirim surat itu ketika dia memerintahkan saya)
– They had sent the letter when she instructed me. (Mereka sudah mengirim surat itu ketika dia memerinthkan saya)
– Tetra had sent the letter when her bos instructed her. (Tetra sudah mengirim surat itu ketika bosnya memerintahkannya)
– Ari had sent the letter when his bos instructed him. (Ari sudah mengirim surat itu ketika bosnya memerintahkannya)

CONTOH KALIMAT NEGATIF

– I hadn’t sent the letter when she instructed me. (Saya belum mengirim surat itu ketika dia memerintahkan saya)
– You hadn’t sent the letter when she instructed me. (Kamu belum mengirim surat itu ketika dia memerintahkan saya)
– We hadn’t sent the letter when she instructed me. (Kami belum mengirim surat itu ketika dia memerintahkan saya)
– They hadn’t sent the letter when she instructed me. (Mereka belum mengirim surat itu ketika dia memerinthkan saya)
– Tetra hadn’t sent the letter when her bos instructed her. (Tetra belum mengirim surat itu ketika bosnya memerintahkannya)
– Ari hadn’t sent the letter when his bos instructed him. (Ari belum mengirim surat itu ketika bosnya memerintahkannya)

Catatan :

Dalam Present Perfect maupun Past Perfect penekanan ialah pada SUDAH atau BELUM nya suatu kegiatan terlaksana.

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Kursus Bahasa Inggris, my english

private or groups

www.kursus-inggris.com

Telp. 021.4036.8181 / 0811.96.80.678

Leave a comment

Filed under grammar, Membuat Kalimat Dalam Bahasa Inggris

Leave a Reply

